6 Tips dan Trik Saat Mengamati dan Membaca Pergerakan Saham - RHB Tradesmart (2024)

Pergerakan harga saham terjadi karena terus bergantinya suplai dan permintaan atas saham tersebut. Saat permintaan lebih besar dibanding suplai, maka harga saham akan bergerak naik. Sedangkan saat suplai lebih banyak dari permintaan, harga saham akan bergerak turun. Saat membaca pergerakan saham ini, Smart People bisa lakukan beberapa tips berikut ini.

Tips Membaca Pergerakan Saham

Pergerakan saham biasanya digambarkan dalam bentuk grafik atau chart. Dari chart tersebut, investor atau trader bisa memperoleh insight seputar saham, termasuk memprediksi arah pergerakan saham tersebut ke depannya. RHB Tradesmart ID merupakan salah satu aplikasi investasi online yang menghadirkan chart ini. Smart People bisa lakukan tips berikut ini saat membaca saham.

  1. Tentukan Periode Waktu Pergerakan Saham

Bagi Smart People yang ingin membaca pergerakan saham, mulailah dengan menentukan periode waktu atau time frame pergerakan saham yang ingin dibaca dan dianalisis. Biasanya, grafik pergerakan saham yang dihadirkan oleh aplikasi investasi saham menghadirkan periode waktu pergerakan saham per hari, per minggu, hingga per bulan.

  1. Identifikasi Tipe Grafik Pergerakan Saham

Hal penting yang harus Smart People ketahui jika ingin membaca pergerakan saham adalah grafik pergerakannya bisa ditampilkan dalam beberapa tipe. Ada yang namanya line chart, bar chart, hingga candlestick chart, yang masing-masing menyimbolkan bentuk grafik tersebut. Jadi, sebaiknya Smart People tentukan dulu grafik tipe mana yang memang Smart People pahami penggunaannya.

Sebagai informasi, pergerakan saham yang ditampilkan melalui line chart akan menghadirkan gambaran pergerakan aset saham dengan cara menghubungkan harga penutupan dengan sebuah garis. Sedangkan untuk pergerakan harga saham dengan bar chart, akan memberi representasi yang lebih mendetail atas harga-harga saham, seperti harga terendah, tertinggi, dan harga penutupan.

Beda lagi dengan candlestick chart yang bisa dibilang merupakan grafik paling sering digunakan oleh para trader aktif. Grafik lilin ini merupakan perpaduan dari line chart dengan bar chart. Masing-masing pola grafiknya merepresentasikan periode waktu yang spesifik, berikut dengan harga kala pembukaan, penutupan, terendah, dan tertinggi.

  1. Perhatikan Sumbu X dan Sumbu Y

Pada grafik pergerakan harga saham terdapat 2 sumbu, yakni sumbu X dan sumbu Y. Sumbu X pada grafik pergerakan saham merepresentasikan waktu. Sumbu X ini akan menunjukkan tanggal atau periode waktu dari grafik pergerakan harga yang ditampilkan. Jadi, saat akan membaca saham nantinya, perhatikan dulu apakah periode waktunya sudah sesuai keinginan.

Selanjutnya ada sumbu Y yang merepresentasikan pergerakan harga dari saham tersebut. Sumbu Y ini menampilkan harga saham pada sumbu vertikal, di mana harga yang lebih tinggi berada di bagian atas sumbu Y tersebut, sedangkan harga yang lebih rendah berada di bagian bawah sumbu Y.

  1. Identifikasi Tren yang Sedang Berlangsung pada Grafik

Saat sedang membaca pergerakan saham pada grafik, perhatikan tren apa yang sedang terjadi di grafik tersebut. Adapun tren pada grafik pergerakan saham bisa berupa upward alias harga saham terus bergerak naik atau downward alias harga saham terus bergerak turun. Tidak lupa juga, perhatikan apakah ada perubahan harga atau perubahan volume perdagangan yang signifikan.

  1. Identifikasi Level Support dan Resistance

Saat membaca pergerakan harga saham, Smart People jangan sampai lupa memperhatikan level support dan resistance di grafik tersebut. Level support merujuk pada area di mana pergerakan suatu saham yang sedang mengalami penurunan memiliki potensi untuk berakhir fase penurunannya. Pun terjadi penurunan harga lanjutan, tidak akan melebihi area support ini.

Sedangkan level resistance merupakan area di mana pergerakan harga suatu saham yang sedang mengalami kenaikan berpotensi untuk mengakhiri kenaikannya. Maknanya, sekiranya terjadi kenaikan harga saham nantinya, kenaikan harganya tidak akan melampaui area atau titik resistance tersebut.

  1. Analisis Grafik Berdasarkan Hasil Identifikasi

Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan atas tipe grafik yang terbentuk, tren, hingga area support dan resistance, Smart People bisa mulai untuk menganalisis pergerakan harga saham tersebut. Berdasarkan analisis yang dilakukan inilah nantinya keputusan investasi saham akan diambil, sehingga bisa dipastikan bukan keputusan yang asal-asalan saja.

Perlukah Fundamental Saat Membaca Pergerakan Saham?

Pada dasarnya, membaca pergerakan harga saham melalui grafik merupakan bentuk analisis teknikal. Jadi, tidak ada hubungannya dengan analisis fundamental yang didasarkan pada hal-hal seperti laporan keuangan perusahaan, kondisi ekonomi perusahaan, dan lainnya. Pun begitu, kolaborasi hasil analisis keduanya bisa menjadi dasar bagi investor atau trader dalam mengambil keputusan investasi.

Baca Grafik Pergerakan Saham di RHB Tradesmart ID

Saat ini, akses untuk membaca dan menganalisis pergerakan saham semakin mudah, salah satunya dengan kehadiran RHB Tradesmart ID, aplikasi investasi dan trading saham online. Grafik pergerakan harga saham yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID bisa dengan mudah Smart People akses di mana saja dan kapan saja melalui aplikasinya.

Agar Smart People lebih mudah memahami pergerakan harga saham tersebut, RHB Tradesmart ID pun menghadirkan fitur Smart Analyzer. Nantinya, analisis saham akan dilakukan oleh fitur ini, sehingga hasilnya bisa jadi bahan pertimbangan Smart People dalam mengambil keputusan atas saham yang dianalisis tersebut.

Mudah baca dan analisis grafik saham dengan pakai aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya dan manfaatkan fitur SMART guna raih imbal hasil impian.

Sumber:

Duggan, Wayne. 2023, Maret 08. How To Read Stock Charts. Forbes. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.forbes.com/advisor/investing/how-to-read-stock-charts/

Jackson, Anna Louise, et al. 2024, Maret 22. How to Read Stock Charts: Quick-Start Guide. Nerd Wallet. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.nerdwallet.com/article/investing/how-to-interpret-stock-charts-and-data

Folger, Jean. 2024, Maret 15. Tips for Stock Charts That Enhance Your Analysis. Investopedia. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.investopedia.com/articles/trading/10/high-performance-charts.asp

O’Brien, Kate. 2023, April 19. How to read stock charts. The Motley Fool. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.fool.com.au/investing-education/how-to-read-stock-charts/

6 Tips dan Trik Saat Mengamati dan Membaca Pergerakan Saham - RHB Tradesmart (2024)
Top Articles
Demon Slayer's Most Twisted Backstory Was Never Show in the Series
Slovénie - Equipe de France Espoirs (0-4) : Les notes de la victoire tranquille des Bleuets de Thierry Henry
Skigebiet Portillo - Skiurlaub - Skifahren - Testberichte
Walgreens Harry Edgemoor
Artem The Gambler
Zabor Funeral Home Inc
Aiken County government, school officials promote penny tax in North Augusta
How to Type German letters ä, ö, ü and the ß on your Keyboard
Www.megaredrewards.com
CSC error CS0006: Metadata file 'SonarAnalyzer.dll' could not be found
Anki Fsrs
Guardians Of The Galaxy Vol 3 Full Movie 123Movies
David Turner Evangelist Net Worth
Truck Toppers For Sale Craigslist
Evil Dead Rise Showtimes Near Regal Columbiana Grande
D10 Wrestling Facebook
Craigslist Farm And Garden Tallahassee Florida
WEB.DE Apps zum mailen auf dem SmartPhone, für Ihren Browser und Computer.
Best Uf Sororities
Pekin Soccer Tournament
Craigslist Sparta Nj
Rs3 Eldritch Crossbow
Lakewood Campground Golf Cart Rental
Craigslist Northfield Vt
Craigslist Battle Ground Washington
All Obituaries | Verkuilen-Van Deurzen Family Funeral Home | Little Chute WI funeral home and cremation
Happy Homebodies Breakup
Inbanithi Age
Haunted Mansion Showtimes Near Epic Theatres Of West Volusia
Move Relearner Infinite Fusion
Helpers Needed At Once Bug Fables
Wonder Film Wiki
8002905511
San Jac Email Log In
Page 2383 – Christianity Today
Noaa Marine Forecast Florida By Zone
Kaiserhrconnect
Fedex Walgreens Pickup Times
Spy School Secrets - Canada's History
Peter Vigilante Biography, Net Worth, Age, Height, Family, Girlfriend
Goodwill Houston Select Stores Photos
Review: T-Mobile's Unlimited 4G voor Thuis | Consumentenbond
VPN Free - Betternet Unlimited VPN Proxy - Chrome Web Store
Fatal Accident In Nashville Tn Today
Amy Zais Obituary
Gw2 Support Specter
Oakley Rae (Social Media Star) – Bio, Net Worth, Career, Age, Height, And More
Meet Robert Oppenheimer, the destroyer of worlds
Spn 3464 Engine Throttle Actuator 1 Control Command
About us | DELTA Fiber
A Snowy Day In Oakland Showtimes Near Maya Pittsburg Cinemas
Nfhs Network On Direct Tv
Latest Posts
Article information

Author: Edmund Hettinger DC

Last Updated:

Views: 5341

Rating: 4.8 / 5 (58 voted)

Reviews: 89% of readers found this page helpful

Author information

Name: Edmund Hettinger DC

Birthday: 1994-08-17

Address: 2033 Gerhold Pine, Port Jocelyn, VA 12101-5654

Phone: +8524399971620

Job: Central Manufacturing Supervisor

Hobby: Jogging, Metalworking, Tai chi, Shopping, Puzzles, Rock climbing, Crocheting

Introduction: My name is Edmund Hettinger DC, I am a adventurous, colorful, gifted, determined, precious, open, colorful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.